Sinopsis Film Argo 2012

Posted by

Sinopsis Film Argo 2012

Sinopsis Film Argo 2012 – Film Argo adalah film drama thriller Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Ben Affleck. Film ini diangkat dari kisah nyata Tony Mendez, seorang agen CIA yang memimpin penyelamatan enam diplomat di Teheran, Iran, selama terjadinya krisis sandera Iran tahun 1979.

Argo dibintangi sendiri oleh Ben Affleck, Bryan Cranston, Alan Arkin, dan John Goodman. Film Argo menerima tujuh nominasi dalam Academy Awards ke-85, termasuk Film Terbaik, Adaptasi Skenario Terbaik (Chris Terrio), serta Aktor Pendukung Terbaik (Alan Arkin), dan berhasil membawa pulang tiga piala Oscar, yakni untuk Film Terbaik, Penyuntingan Terbaik, dan Adaptasi Skenario Terbaik.

Argo bersama Ben Afflecknya menjadi satu dari sedikit film yang berhasil meraih Film Terbaik di ajang Oscar tapi sang sutradara bahkan tidak masuk nominasi.

Argo bercerita tentang hubungan Amerika Serikat-Iran abad dua puluh, Intelijen Amerika Serikat dan Inggris membantu menggulingkan perdana menteri Iran yang dipilih secara demokratis dan mengangkat Shah Reza Pahlevi, yang kemudian menjadi diktator.

Setelah penindasan, Shah dikudeta oleh pemimpin syiah, Ayatollah Khomeini dan kabur ke Amerika Serikat. Saat itulah terjadi ketegangan antar dua negara ini karena pihak Iran ingin agar Shah pulang untuk diadili. Tetapi karena AS menolak, massa di Iran pun menduduki kedutaan besar AS di Tehran dan menyandera 52 staff diplomatik. Di tengah kekacauan, 6 diplomat yang terdiri dari 4 pria dan 2 wanita berhasil melarikan diri dan bersembunyi di dalam duta besar Kanada.

Sementara itu Di Amerika Serikat, CIA mencari cara paling aman untuk menyelamatkan 6 diplomat. Tony Mendez (Ben Affleck) mendapat ide untuk bersandiwara menjadi seorang sutradara film yang sedang mengambil lokasi syuting di Iran, kemudian ia akan menerbangkan 6 diplomat keluar dari Iran yang akan menyamar sebagai kru film.

Meski awalnya sempat dianggap konyol, tapi berkat bantuan make up dari pemenang Oscar John Chambers (John Goodman) & Lester Siegel (Alan Arkin) yang menjadi produser gadungan, Mendez menjalankan misi untuk berpura-pura sedang menggarap film berjudul Argo.

Banyak mungkin yang menganggap Argo mengangkat tema yang memang disenangi oleh para juri Academy Awards, tentang sejarah Heroisme Amerika Serikat, sehingga berhasil meraih penghargaan film terbaik. Meski saya tidak menjagokan film ini pada penghargaan Oscar tahun itu tapi sulit untuk menyangkal bahwa Argo adalah film luar biasa dan layak mendapatkannya.

Plot ceritanya unik, unsur ketegangan yang dibangun berhasil, komedi segar tahu waktu kapan diperlukan dan yang penting tidak membosankan. Film dengan tema seperti ini banyak yang cenderung membosankan.

Detail Film Argo 2012
Genre : Drama, Thriller
Director : Ben Affleck
Writers : Chris Terrio, Tony Mendez, Joshuah Bearman
Casts : Ben Affleck, Bryan Cranston, Alan Arkin, John Goodman
IMDB

Trailer Film Argo 2012

Sekian Informasi tentang Sinopsis Film Argo 2012. Baca juga Sinopsis Film Green Zone, bagi yang telah menonton film ini dan ingin berbagi Review, dapat memberikannya pada kolom komentar, semoga artikel ini dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian. Ikuti terus update artikel SinopsistentangFilm dengan mengikuti melalui email.


Blog, Updated at: 11.08

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts