Sinopsis Film The Maze Runner

Posted by

http://sinopsistentangfilm.blogspot.com/

Sinopsis Film The Maze Runner – Film yang mengambil adaptasi dari Novel tengah sangat marak sekarang ini, The Maze Runner pun begitu. Film dari karangan James Dashner ini bercerita tentang Thomas yang dibawa ke suatu tempat bernama Glade, tanpa ingatan mengenai hidupnya maupun dunia. Satu-satunya hal yang ia ingat hanyalah namanya. Ia dan banyak remaja laki-laki hidup di Glader dan menyebut diri mereka sebagai Gladers. Mereka membuat sebuah komunitas di mana setiap Glader mengerjakan tugasnya masing-masing. Glade dikelilingi oleh Labirin raksasa dimana makhluk mekanik raksasa bernama Griever berkeliaran di malam hari. Pintur besar mengelilingi seluruh Glade tertutup setiap malam yang melindungi para Glader dari makhluk mengerikan tersebut.



Persediaan barang dibawa ke Glade setiap minggu, juga setiap bulan ada anak baru yang dikirim melalui lift yang disebut Box. Sehari setelah Thomas dibawa ke Glade, seorang gadis dikirim dan membawa pesan bahwa dirinya adalah “yang terakhir dari yang pernah ada”. Seorang gadis tidak pernah dibawa belumnya, para Glader sangat senang sekaligus bingung dengan kedatangannya. Namun, tepat setelah tiba, gadis itu mengalami koma.

Sementara itu, Thomas belajar lebih banyak mengenai Glade, ia merasa seperti pernah ada di tempat itu sebelumnya. Ia mempelajari bahwa para Glader telah mencoba memecahkan labirin selama dua tahun, dan sengatan yang menyakitkan dari Griever dapat menyebabkan seseorang mengingat kenangan dari masa lalu. Ia merasa aneh karena merasa terhubung dengan gadis baru itu dan juga berteman dengan seorang Glader muda bernama Chuck, dan Newt. Di sisi lain, ia memiliki hubungan yang agak buruk dengan Gally, yang curiga terhadap Thomas. Gally mengklaim pernah melihat Thomas setelah ia disengat oleh Griever, dalam suatu proses yang disebut Mengubah (Changing). Thomas merasa terdorong untuk menjadi Runner, yakni orang-orang yang menjelajahi, memetakan dan mencoba menemukan jalan keluar dari labirin itu.

Suatu hari, salah satu Runner, Minho dan pemimpin Glade, Alby, kembali terlambat memeriksa sebuah Griever yang mati. Alby disengat oleh Griver. Saat pintu akan tertutup di mana Minho dan Alby berada di luar, Thomas segera bergabung yang menempatkan dirinya juga ikut masuk ke labirin. Mendengar Grievers mendekat, Minho mengatakan bahwa mereka harus berpisah dan melarikan diri, Minho meninggalkan Thomas dan Alby yang sedang pingsan. Thomas berhasil menyelamatkan Alby dengan memperdayai Grievers hingga jatuh ke dalam juran yang berada di tepi labirin. Minho menyadari Thomas bisa menjadi Runner terbaik yang pernah mereka miliki, dan kedua orang ini menjadi sahabat.

Keesokan paginya, tiga Glader kembali ke Glade saat pintu terbuka, hal ini mengejutkan para Glader lainnya, karena mereka bertiga masih hidup. Sebagai pemipin, Newt memutuskan untuk membuat pertemuan yang memutuskan nasib Thomas yang melanggar aturan pertama dari Glade. Dalam pertemuan tersebut, Gally menyatakan kecurigaannya mengenai Thomas. Yang lainnya membela Thomas. Minho menyarankan agar Thomas dijadikan Runner penjaga. Gally mengatakan ide Minho konyol. Mereka berdua berdebat hingga Minho mendorong Gally. Hal ini membuat Gally pergi dan menghilang dari tempat itu.

Thomas diputuskan menjadi Runner. Minho dan Thomas berangkan untuk menjelajahi labirin. Mereka menemukan lubang transparan yang mengarah ke tempat yang disebut oleh Thomas sebagai lubang Griever. Setelah kembali ke Glade, Thomas terkejut karena gadis itu bisa bicara melalui pikirannya. Ia menyadari gadis itu bernama Teresa dan gadis itu telah memicu Ending, yakni akhir dari Glade.

Teresa terbangun dari koma dan menemukan Thomas. Keduanya berbicara satu sama lain dan menyadari bahwa mereka saling terhubung satu sama lain secara dekat dan mulai mengingat-ngingat kehidupan mereka sebelumnya. Pada hari yang sama di mana Teresa bangun, langit berubah menjadi berwarna abu-abu kusam. Thomas menyadari bahwa hal itu dibuat oleh Sang Kreator yang menempatkan mereka di Glade. Malam itu, Pintu tidak menutup, berarti Glader tidak terlindungi dari raksasa Griever.

Setelah Alby (yang sebelumnya disengat oleh Griever) melalui fase Changing, ia berbicara mengenai dunia luar dan mengatakan dunia luar sangat buruk dari apa yang bisa mereka bayangkan. Alby mengingatkan Thomas dan mulai berbicara mengenai ingatannya. Selama percakapan bersama Thomas, Alby tiba-tiba mulai mencekik dirinya sendiri, Thomas memanggil Newt untuk meminta bantuan menghentikan Alby. Para Glader masuk ke dalam perlindungan, Gally kembali dalam keadaan ketakutan dan mengatakan kepada para Glader bahwa salah satu dari mereka akan mati setiap malam. Makhluk semacam siput mulai memasuki Glader. Gally mencoba menghentikannya.

Mereka menemukan bahwa peta labirin yang dibuat oleh para Runner selama dua tahun ini telah dibakar. Thomas tidak berkecil hati, karena ia dan Teresa memiliki menemukan peta yang memungkinkan para Glader menemukan jalan keluar. Newt dan Minho mengatakan bahwa mereka menyembunyikan salinan peta di ruang senjata jika hal semacam ini terjadi. Mereka menemukan kode di peta tapi tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Putus asa tak mendapat jawaban, Thomas memutuskan bahwa dirinya harus disengat oleh Griever untuk menggunakan memori yang terungkap jika dia mengalami Changing. Ketika ia bangun dari Changing, ia menyadari bahwa labirin (Maza) tidak pernah dimaksudkan untuk dipecahkan, tetapi bahwa mereka ditempatkan ke dalam semacam percobaan untuk menguji kekuatan mereka oleh Sang Kreator. Ia memberitahu ke Glader lain bahwa mereka harus pergi ke Lubang Griever dan memasukan kode di komputer. Setelah beberapa pertimbangan, sebagian besar Glader memutuskan untuk pergi ke lubang Griever dengan menyiapkan rencana. Mereka berharap memasuki labirin kali ini adalah untuk yang terakhir kalinya.

Setelah mencapai lubang Griever (Hole), mereka menyadari bahwa Griever menunggu mereka. Glader menyerang Griever, sementara Thomas, Teresa dan Chuck berusaha mendekati Hole. Mereka akhirnya mencapai Hole. Teresa berusaha memasukan kode, sementara Thomas dan Chuck menahan serangan Griever. Setelah memasukan kode, Griever dimatikan dan Glader yang tersisa bergabung dengan mereka. Separuh Glader tewas dalam pertempuran.

Sebuah pintur terbuka di ujung lubang, dan para Glader, termasuk Thomas, Teresa, Chuck, Minho dan Newt keluar untuk mencari Kreator. Seorang wanita datang menyambut para Glader, tetapi mereka merasa marah karena telah ditempatkan ke dalam tes. Wanita itu bersama dengan sosok berkerudung yang ternyata adalah Gally. Sebagai bagian akhir dari tes, Gally mengambil pisau dan melemparkannya ke arah Thomas. Chuck memasang badannya untuk melindungi Thomas. Thomas menyerang Gally, namun Gally jatuh duluan sambil menangis karena ia telah berjanji pada Chuck akan membawanya ke keluarganya.

Tiba-tiba sekelompok pasukan bersenjata masuk ke dalam gendung dan menyerang Kreator. Pemimpin pasukan tersebut mengatakan tidak ada waktu untuk menjelaskan dan meminta Glader untuk mengikutinya ke bus. Seorang wanita menahan Thomas, berkata “Anda harus menyelamat kami dari pembakaran,”. Thomas naik ke bus dan pemimpin wanita berjalan duluan. Para Glader dibawa ke asrama di mana mereka diberikan makan dan tempat yang nyaman dan aman untuk sementara waktu.

Sutradara: Wes Ball

Penulis skenario: Noah Oppenheim
Pemain: Dylan O'Brien (Thomas), Kaya Scodelario (Teresa), Thomas Brodie-Sangster (Newt), Will Poulter (Gally), Patricia Clarkson (Chancellor Ava Paige), Ki Hong Lee (Minho), dan Aml Ameen (Alby).
Sinematografi: Enrique Chediak
Produksi/Distribusi: Gotham Group, Temple Hill Entertainment dan 20th Century Fox.

Trailer Film The Maze Runner

Sekian Informasi tentang Sinopsis Film The Maze Runner yang dapat gue berikan kepada kalian. Baca juga Sinopsis Film Avengers 2. Bagi yang ingin bertanya atau menambahkan bisa melakukannya pada kolom komentar, semoga artikel gue dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian.


Blog, Updated at: 10.01

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts